Unibraw Buka Magister Kajian Kemiskinan

MALANG, KOMPAS.com (20 Februari 2013) - Meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia, terutama di wilayah Jawa, memicu Universitas Brawijaya untuk berperan aktif dalam penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin. Terkait dengan hal itu, kini Unibraw membuka program magister Sosiologi bidang konsentrasi Kajian Kemiskinan di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. "Program ini pertama di Indonesia. Baru dibuka di Fisip Universitas Brawijaya...

Bali Tingkatkan Alokasi Beasiswa Miskin Berprestasi

DENPASAR, KOMPAS.com (18 Februari 2013) - Pemerintah Provinsi Bali meningkatkan alokasi dana beasiswa untuk siswa berprestasi dari keluarga miskin dalam tahun 2013. "Beasiswa jenis ini ada tambahan alokasi bagi 90 siswa lagi pada 2013," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali Anak Agung Ngurah Gede Sujaya, di Denpasar, Minggu (17/2/2013). Ia memaparkan, program beasiswa miskin berprestasi itu bentuknya tidak hanya memberikan biaya pendidikan bagi siswa untuk pembayaran SPP dan buku... Masing-masing siswa akan mendapatkan Rp 20 juta.

Kata Mantan Menkeu Orba Soal Jurang Kemiskinan RI

Saat ini di Indonesia ada 70 juta penduduk miskin, kata dia. (Sabtu, 16 Februari 2013) VIVAnews - Sejak reformasi pada tahun 1997 sampai 1998, perekonomian Indonesia terus membaik hingga tahun ini. Tapi peningkatan perekonomian hanya membuat negara makmur, dan tidak membuat masyarakatnya sejahtera. "Walaupun pertumbuhan ekonomi tinggi, tapi tidak menghasilkan lapangan kerja yang banyak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, contohnya adalah masalah kemiskinan.

Indonesia aims to reduce poverty rate to 11% in 2012

JAKARTA, Jan. 9 (Xinhua) -- The Indonesian government has aimed to cut its poverty rate to between 11 percent and 11.5 percent this year from last year's figure of 12.36 percent, a minister said here on Monday. Indonesian Coordinating Minister for Poverty Alleviation and People's Welfare Agung Laksono said that one of the steps to be taken to suppo...

Indonesia allocates 10 bln USD for poverty eradication program in 2012

JAKARTA, Jan. 3 (Xinhua) -- An Indonesian senior minister said on Tuesday that the country would allocate a total of 99 trillion rupiah (about 10 billion US dollars) in 2012 to help eradicate the country's poverty. The allocation consisted of health insurance for the poor and banks' loans to help finance for poor people intending to start their bus...

Six Case Histories Illustrating Perpetual Poverty in Indonesia

Abstract Recent studies have shown that a “happiness index” correlates with economies that do not show excessive gap between rich and poor. In other words, even rich people cannot really be happy when surrounded by extreme poverty, no matter how strongly they ignore or deny such destitute conditions. Accordingly, we need methods of securing much ...

1,4 Juta Balita Meninggal Tiap Tahun di Indonesia

BANDUNG--MI: Sedikitnya 1,4 juta balita di Indonesia meninggal setiap tahun akibat pneumonia atau penyakit radang paru akut. Angka itu jauh lebih tinggi dari akumulasi jumlah kematian akibat AIDS, malaria, dan campak.

SBY: Tekan tingkat kemiskinan hingga 8%

JAKARTA (bisnis.com): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertekad untuk membuat Indonesia lebih baik dari berbagai sektor dan bisa menekan kemiskinan hingga 8%.

Pemerintahan Baru Targetkan Penurunan Kemiskinan 9 Persen

JAKARTA-MI: Meski tak bersedia menyatakan tegas bahwa dirinya diminta mengisi posisi Menko Kesra, mantan Ketua DPR Agung Laksono telah diminta untuk mengejar target penurunan kemiskinan. Angka sembilan persen dipatok sebagai target.

Korban Kasus Pelanggaran HAM Unjuk Rasa di Kejaksaan

JAKARTA--MI: Korban pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) menggelar unjuk rasa menyambut Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa atau Hari Kejaksaan ke-49 di Jakarta, Rabu (22/7).

Publikasi Angka Kemiskinan Jangan Ada Kepentingan Politik

JAKARTA--MI: Publikasi berkurangnya angka kemiskinan pada Maret 2009 oleh pemerintah diharapkan tidak untuk kepentingan politis. Selain itu, komponen penghitung kemiskinan seharusnya ada yang konstan dan variabel sehingga perhitungan kemiskinan lebih lengkap.

Penduduk Miskin Indonesia Mencapai 34 Juta Jiwa

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah menyatakan bahwa sekitar 34 juta penduduk Indonesia masih di bawah garis kemiskinan sehingga semua pihak perlu melakukan penekanan bertambahnya angka kemiskinan. Kemiskinan adalah musuh bersama sehingga harus dilawan. Kemiskinan tidak bisa diselesaikan hanya dengan doa tetapi harus diseles...

Barisan Anak Putus Sekolah Akan Bertambah

[JAMBI] Pemangkasan dana bantuan biaya operasional sekolah (BOS) buku akan memicu peningkatan barisan anak-anak putus sekolah. Tanpa bantuan, anak-anak dari keluarga miskin akan semakin banyak yang meninggalkan bangku sekolah, karena orangtua tidak mampu membiayai sekolah mereka.

Poverty Indonesia 2010 dan Seterusnya

Kami bekerja terutama di sektor pendidikan di Indonesia dan dua dari tiga hambatan utama pada pengembangan pendidikan di Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan ketidakamanan (kepastian) pendapatan. Masalah penting lainnya adalah korupsi yang tersebar luas, yang juga sangat menghambat potensi untuk pengurangan kemiskinan di negara ini. Kami telah regulary membahas masalah kemiskinan di jaringan kami website pendidikan, namun berita dalam edisi terbaru dari The Jakarta Globe mendorong pengembangan website ini:

Editorial: Meluasnya Hunger Indonesia, Malu AOS
September 15, 2010

Kemiskinan dan kelaparan terus menguntit Indonesia meskipun pertumbuhan ekonomi yang pesat selama beberapa tahun terakhir. Dengan sebagian besar perkiraan, lebih dari 50 persen negara, AOS 240 juta orang masih hidup dengan $2 atau kurang sehari.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintah telah membuat AOS memerangi kemiskinan salah satu prioritas utama, tetapi dengan hasil yang beragam. Menghilangkan kelaparan harus sebenarnya menjadi THE prioritas utama bagi pemerintah sebagai ketahanan pangan adalah yang paling dasar kebutuhan manusia.

Memahami penyebab kelaparan sangat penting jika pemerintah adalah untuk melawan bekas luka ini pada bangsa kita, AOS menghadapi kepala-on.

Pasokan makanan tidak masalah karena ada makanan yang cukup untuk memberi makan semua orang.

Kemiskinan, dalam banyak kasus, adalah akar penyebab kelaparan dan, sebagai akibatnya, selama lima tahun terakhir negara itu terus mengalami penurunan mantap dalam status gizi anak di bawah usia lima tahun.

Hal ini tidak dapat diterima di hari ini dan usia yang 28 persen anak-anak di negeri ini yang kekurangan berat badan, dengan 44 persen menghadapi pertumbuhan terhambat.

Tanpa solusi jangka panjang, negara ini akan terus menghadapi defisit yang tajam dalam kualitas sumber daya manusianya sebagai hari, anak AOS tidak akan menerima nutrisi yang cukup untuk berkembang menjadi besok, AOS tenaga kerja produktif.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya sehingga harus berbaring dalam memberikan peluang pemberdayaan dan lebih ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat, khususnya yang sangat miskin.

Pemerintah telah memulai beberapa program, seperti bantuan langsung tunai, sebagai solusi jangka pendek, tetapi jelas angka kemiskinan tidak turun.

Solusi jangka panjang harus bagi pemerintah untuk unshackle sektor swasta sehingga para pengusaha dapat menciptakan lebih banyak pekerjaan baik-membayar.

Jika orang tua memiliki pekerjaan tetap, mereka mampu untuk memberi makan anak-anak mereka dan diri mereka sendiri. Sektor swasta harus menjadi lokomotif ekonomi karena pemerintah tidak memiliki kapasitas untuk membuat cukup baik membayar pekerjaan sendiri.

Ini adalah masalah yang mendesak, seperti yang tercermin dalam sebuah studi baru yang dirilis oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Program Pangan Dunia yang mencantumkan Indonesia sebagai salah satu dari tujuh negara di dunia dengan sebagian besar warga kurang makan.

Studi ini mencatat bahwa lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menghadapi kelaparan yang parah. Ia menambahkan bahwa dengan seorang anak meninggal setiap enam detik karena kelaparan berhubungan dengan masalah, tetap kelaparan dunia, AOS tragedi terbesar dan skandal.

Menghapus kelaparan akan membutuhkan usaha yang serius dan kebijakan berpandangan jauh ke depan pada bagian dari pemerintah. Tapi kebanyakan dari semua itu akan memerlukan kemauan politik untuk mengubah cara masalah tersebut ditangani.

Kelaparan dan kemiskinan memerangi merupakan prioritas utama karena akan memiliki mengerikan konsekuensi jangka panjang pada bangsa, apalagi pada martabat individu.

Setiap Indonesia layak kesempatan berjuang untuk membuat sebagian besar dari hidupnya dan untuk menikmati manfaat penuh dari pertumbuhan ekonomi.
Sumber: The Jakarta Globe


Karena minat pribadi untuk mencari solusi-solusi untuk kemiskinan dan minat yang sudah jangka panjang terhadap berperahu, memancing, dan kegiatan lautan, kalau kita melihat keadaan di Indonesia saya menganggap ada potensi besar dari daerah pesisir kita yang luas, dengan banyak budaya yang unik dan beragam dapat sebagai faktor-faktor penting dalam menghadapi peningkatan kesejahteraan bagi warga kita. Isu-isu yang paling menarik adalah meningkatkan kargo dan efisiensi penanganan penumpang di pelabuhan kami, pengembangan pariwisata, meningkatkan keterlibatan dalam olahraga air dan penelitian kelautan, dan meningkatkan kesadaran pasar umum Indonesia barang dan jasa. Untuk tujuan ini saya menghasilkan sejumlah situs dasar kembali pada akhir tahun 2000an:

Bandar Laut :: Tourism Indonesia :: Diving & Fishing Indonesia
Perairan Vs Kemiskinan :: Studi & Penelitian :: Produk-Produk Indonesia

Meskipun telah ada beberapa perkembangan signifikan terkait perairan (marine dan aquatic) di Indonesia, belum tampaknya telah mencapai perubahan signifikan dalam statistik nasional yang terkait dengan kemiskinan. Namun, kami percaya bahwa perkembangan-perkembangan ini memiliki potensi di tingkat individu dan lingkungan untuk mengaktifkan signifikan pengentasan kemiskinan. Kami sangat tertarik pada konsep di balik Ekonomi Hijau dan Biru, dan sementara mereka berdua menawarkan konsep yang sangat baik untuk pemanfaatan lebih sehat dan efektif dari sumber daya kami, kami tidak yakin bahwa media skala besar solusi bisnis berorientasi adalah jawaban untuk isu-isu kemiskinan kunci. Kami currenty berusaha untuk mengembangkan komunitas pemberdayaan situs di mana kita akan mencoba untuk mengirim informasi atau sumber daya yang mungkin berguna untuk masyarakat luas.

Dari pengalaman dengan Jaringan Pendidikan Indonesia (lebih dari 100 website) kami menemukan bahwa informasi dibaca dan file-file download digunakan oleh beberapa negara Asia Tenggara lain dan negara-negara Asia sehingga kami menyediakan situs dasar Jaringan Pendidikan Asian yang untuk membantu menyederhanakan mengakses dan menggunakan fasilitas ini. Demikian juga kami berharap bahwa situs kemiskinan kami dapat digunakan dan menguntungkan negara lain.

Map of Asia


Asian Education Development Network


Dari pengalaman kami di sini di Indonesia kami telah menemukan bahwa sementara korupsi dalam manajemen pendidikan masih merupakan kendala utama untuk pengembangan pendidikan, dan puluhan meskipun ribu sekolah dalam kondisi menyedihkan, dan banyak guru masih tetap bingung tentang apa yang metodologi yang efektif, masalah-masalah seperti Intenational Sekolah Standard (SBI) yang hanya memperlebar kesenjangan ekuitas, dan teknologi tinggi yang mengancam kualitas pendidikan (melalui e-belajar) di sekolah tampaknya menjadi menyodorkan utama Kementerian Pendidikan kami. Kenapa?

Classroom Of The Future -? yang masa depan
Mitos dan teknologi Pemasaran di Asia Tenggara


Apa Itu Pendidikan Yang Bermutu?

Teacher-based education where the welfare and abilities of the teachers are satisfactory, and the schools are in good condition, with a curriculum that meets the needs of the students, and is 'well balanced' (includes many forms of skills training including technology), that is implemented using Active Contextual Learning is the solution for preparing our children for the challenges of the future.


You can download all the information you need at:

And
Managing Basic Education

We would like to hear your perspectives on education in your country. Please write to us through our Mail Form, or click on the link (left) to view our e-mail address in order to send us an e-mail directly.

Remember... you can post local news items and local information on this site by sending an E-Mail.

We look forward to your contributions.


Commenced, September 18, 2010
Copyright © 2010


Search Our Website



Berita dan Artikel

Dari Poverty Ke Power

From Poverty To Power


Citizenship Global

What is Global Citizenship?
What is Global Citizenship?

Oxfam works through education to empower young people to act for a more just, secure and sustainable world.
Download 'Education for Global Citizenship: A Guide for Schools'


Ekonomi Biru Indonesia


Ekonomi Biru Indonesia

Sistem2 Pendidikan

Challenges In The Current Education Systems


Konteks Indonesia

World-Class Education


Telecenter Vs Poverty


Teman Poverty #1

Education Enemy #1